Hafalan Syifa

Hampir 2,5 tahun usia Syifa. Alhamdulillah hafalannya makin bertambah. Surat-surat pendek yang sudah dihafalnya saat ini adalah Al Fatihah, Al Ikhlas, An Naas dan Al Falaq yang kadang sering tertukar karena ada kata yang sama, yaitu min syarril. Surat yang baru saja menghafal dan insya Allah tinggal mengulang-ulang saja adalah Al Kafirun. Sedangkan surat yang baru diperkenalkan ayah adalah surat Al Kaustar.

Saat sholat, Syifa sudah hafal gerakan-gerakannya, namun bacaan baru sebatas takbir di antara gerakan, i’tidal (sami’Allaahu liman hamidah), dan salam saja. Bacaan di gerakan lain belum bisa. Insya Allah tetep menghafal ya Nak😉

Untuk hafalan do’a sehari-hari masih seperti yang dulu, yaitu do’a sebelum makan, do’a sebelum tidur, do’a kedua orang tua, dan do’a keselamatan dunia akherat. Do’a yang sedang berproses (alhamdulillah sudah hampir lancar) adalah do’a sebelum belajar (rodhiitu billaahi robba…).

Syifa juga sudah mulai menghafal huruf-huruf latin maupun hijaiyah. Huruf latin yang sudah hafal bentuknya di luar kepala adalah A, B, C, W (hafalnya bukan We tapi Double U), dan Z (lebih hafal dengan Zi, bukan Zet).

Kalau pas di depan laptop, Syifa sudah bisa menulis namanya sendiri, namun harus dipandu. Umi bilang S, nanti Syifa pencet huruf S. Lalu Y, Syifa mencet huruf Y, dan seterusnya sampai tertulis namanya , Syifa, di layar monitor😀 Sedangkan kata yang sudah bisa ditulisnya sendiri tanpa dipandu adalah bat. Dari mana kamu tau kata itu Nak? Padahal yang dihafalnya di kertas adalah bath😀 O ya, untuk hafalan kata bahasa Inggris yang umi buat dengan flash card, insya Allah sudah bertambah menjadi 63 kata.

Huruf hijaiyah yang sudah dihafal Syifa seluruhnya baru berjumlah 15 huruf, yaitu alif (a), ba, ta, tsa, da, ro, za, sa, sya, sho, ka, ma (sering nyebut mim), na (sering nyebut nun), wa (nyebut waw), dan ya. Untuk huruf yang sudah kenal namun sering tertukar-tukar adalah ja (sering nyebut jim), ha, dan kho.

Alhamdulillah, umi bersyukur pada Allah atas semua karunianya, termasuk adanya dirimu yang Allah anugerahkan untuk umi dan ayah. Insya Allah nanti hafalannya ditingkatkan terus ya, Nak. Terima kasih sudah membuat kedua orang tuamu bangga padamu🙂

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: