Mulai Bisa Membaca Suku Kata

Syifa di usianya yang saat ini menginjak 2 tahun 7,5 bulan, alhamdulillah sudah hafal semua huruf dan sekarang sudah mulai bisa membaca satu suku kata sederhana yang hanya terdiri dari dua huruf, satu konsonan dan satu vokal “a”. Suku kata-suku kata yang sudah bisa dibacanya adalah ba, ca, da, fa, ga, ja, ka, la, ma, na, pa, sa, ta, ya. Ketika digabung pun, Syifa sudah mulai sedikit-sedikit mampu membaca kata, seperti “mata”, “saya”, dan “kaca”.

Sebelum membaca suku kata tersebut, Syifa kami ajari mengeja dulu. Misalnya “ba”, kami bilang “be-a, ba”. Lalu dia menirukan, hingga tanpa perlu dituntun lagi ia akan langsung mengeja dan membacanya. Kami menggunakan (seperti biasa) kertas HVS yang dibagi menjadi ukuran tertentu untuk menuliskan suku kata-suku kata tersebut, kemudian menuliskannya dengan huruf kecil dan berbagai warna yang bervariasi.

Untuk suku kata tertentu, seperti “ha” misalnya, ia masih mengeja dengan “eij-a” bukan “ha-a”, jadinya masih kesulitan untuk membaca. Demikian juga dengan “ra” yang ia eja dengan betul namun masih salah baca. “Er-a, er” katanya, dan bukan “er-a, ra”😀 Lalu untuk kata “wa” ia eja dengan “double you-a”, lalu bingung membacanya gimana. Duh, masih campur-campur spellingnya nih. Tapi gpp, semoga di lain waktu sudah tambah hafal ya Nak🙂

O ya, untuk kata-kata bahasa Inggris yang sudah mampu dihafal Syifa sudah lebih dari 100 kata, yaitu dari jumlah terakhir 96 kata yang lalu, ditambah kata-kata warna dalam bahasa Inggris meliputi red, green, blue, yellow, brown, black, pink, orange, grey, dan orange.

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: