Nambah Hafalan

Beberapa saat lalu, ketika berkunjung ke rumah mbah uyutnya anak-anak, kami sempat ngobrol banyak dengan budhe (yang sudah memiliki tiga cucu, kecil-kecil). Cucu budhe yang pertama, usianya terpaut sekitar setengah tahun lebih muda dari Syifa.

Ketika itu, Syifa sedang makan nasi. Sudah habis, Syifa pun mengucap hamdalah. Ya, hamdalah. Itu saja. Lantas budhe mengajarinya do’a setelah makan, pelan-pelan agar Syifa bisa menirukan. Kalau hanya diajari saja, saya pun senang. Tapi rasanya agak gimana gitu, ketika setelah sesi ngajari itu, Syifa dibanding-bandingkannya dengan cucu pertamanya.

“Mbak I udah bisa kok kamu belum?”

Begitu kira-kira budhe membandingkan.

Ya, selama ini Syifa memang belum saya ajarkan berdo’a setelah makan. Selama ini hanya hamdalah saja. Mungkin pengalaman “pahit” itu menjadi cambuk untuk uminya ini agar lebih tertib menjaga hafalan Syifa, entah surat-surat pendek atau hafalan do’a sehari-hari.

Ketika itu pengen rasanya balik menanyai tentang hafalan mbak I tadi, sudah sampai mana? Tapi nanti niatnya malah jadi tidak baik. Ya sudah, saya urung. Hanya senyum-senyum aja dengan sindiran budhe di atas tadi.

Anyway, mbak Syifa akhir-akhir ini makin rajin kok hafalannya, walaupun harus “dipaksa”, soalnya dia lebih tertarik ke hal-hal lain; membaca, menulis, berhitung, atau membolak-balik majalah kesukaannya: Mombi dan Bobo.

Hafalan mbak Syifa sudah bertambah. Alhamdulillah, di usianya yang hampir empat tahun (kalender hijriyah jatuh pada tanggal 16 Sya’ban atau 18 Juli besok) sudah bisa hafal hampir 10 surat pendek, mulai dari An Naas sampai Al Maa’uun (1-4 ayat) dan dua surat lain Al Ashr dan Al Quraisy. Sedangkan hafalan do’a sehari-hari masih minim sekali. Duh, uminya harus punya tekad kuat untuk menambahnya sedikit demi sedikit. Ayo mbak Syifa kita kejar ketertinggalan! Yang rajin ya🙂

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: